UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA LOTTO ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A RA AL ISLAM 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016
Main Authors: | Maharani, Fitria; Sebelas Maret University, ., Rukayah; Sebelas Maret University, Kamsiyati, Siti; Sebelas Maret University |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi PG-PAUD FKIP UNS
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8632 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8632/6371 |
Daftar Isi:
- A B S T R A K Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan melalui media lotto angka pada anak kelompok A RA Al Islam 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan pada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dan sumber data pada penelitian ini adalah 16 anak kelompok A RA Al Islam 2 Surakarta dan guru kelompok A. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan penugasan. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kritis dan deskriptif komparatif..Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan peningkatan kemampuan mengenal bilangan anak pada setiap siklus. Pada pratindakan diperoleh data dari 16 anak terdapat 4 anak (25%) sudah tuntas. Hasil observasi selama siklus I diperoleh data dari 16 anak terdapat 11 anak (68,75%) sudah tuntas. Siklus ke II terdapat peningkatan sebesar (87,5%) atau sekitar 14 orang anak yang tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan melalui media lotto angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan pada anak Kelompok A RA Al Islam 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.Kata Kunci: Perkembangan Kognitif, Mengenal Bilangan, Lotto AngkaA BS TRA CT The purpose of this research is to improve the ability to know through lotto numbers in children group A RA Al Islam 2 Surakarta 2015/2016 academic year. This research is a form of classroom action research (CAR). It consist of two cycles. Each cycle consists of four stages. Namely planning, implementation, observation dan reflection. Subject in this study were children in group A of RA Al Islam 2 Surakarta totaling 16 childrens and A group teacher. Data collection technique conducted by observation, interview, documentation and work method. Validity of data used triangulation source and triangulation techniques. Analysis technique of the data used is critical and comparative descriptive analysis.The result of classroom research shows an increase in identification of letters of children in each cycle. Before action, there are 4 childrens or (25%) who were completed. The first cycles completed childrens who were completed up to 68,75% or 11 childrens, in II cycle children who get completed score up to (87,5%) or 14 childrens. According of results of a classroom action research conducted in two cycles can be concluded that appliying lotto numbers can increase the ability to know the numbers in children group A RA Al Islam 2 Surakarta 2015/2016 academic year.Key words: cognitive development, recognize number, lotto angka