PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: Palupi, Emillia
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SOSIALITAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosiologi Antropologi , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/view/8631
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/view/8631/6370
Daftar Isi:
  • ABSTRAKEmillia Niken Palupi. K8412026. PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi. Fakuktas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2016. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran Sosiologi siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/ 2016 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Surakarta sebanyak 32 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik utama dalam pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sementara teknik pendukung dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, dan arsip. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran Sosiologi siswa kelas XI IPS 3 mulai dari hasil belajar siswa pra siklus, siklus I sampai siklus II. Keaktifan siswa menunjukkan prosentase 18,75% pada tahap pra tindakan meningkat menjadi 59,37% pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 87,50% pada siklus II. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari nilai rata-rata kelas 75,41 pada pra siklus meningkat menjadi 78,46 pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 85,90 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Surakarta pada tahun pelajaran 2015/ 2016. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Numbered Heads Together (NHT), Keaktifan dan Hasil Belajar.