PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGENALAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN TEBAK KATA PADA ANAK KELOMPOK B TK/RA CEMARA DUA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/ 2016
Main Authors: | Wulansari, Twenty Eka Catur; Sebelas Maret University, Hafidah, Ruli; Sebelas Maret University, Pudyaningtyas, Adriani Rahma; Sebelas Maret University |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi PG-PAUD FKIP UNS
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8613 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8613/6356 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/downloadSuppFile/8613/1045 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/downloadSuppFile/8613/1046 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK: Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pengenalan membaca permulaan melalui permainan tebak kata pada anak kelompok B TK Cemara Dua Surakarta Tahun Ajaran 2015/ 2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah anak kelompok B TK Cemara Dua Surakarta yang berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, angket, dokumentasi, tes unjuk kerja. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis datanya menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melalui permainan tebak kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Cemara Dua Surakarta Tahun Ajaran 2015/ 2016 dari prasiklus ke siklus I, dan siklus I ke siklus II. Ketuntasan klasikal anak dalam membaca permulaan pada prasiklus adalah sebesar 3 anak atau 25% yang mencapai kriteria tuntas. Peningkatan terjadi pada siklus I yaitu 7 anak atau 58,33% mencapai ketuntasan dalam membaca permulaan. Pada siklus II ketuntasan klasikal pada kemampuan membaca permulaan anak meningkat menjadi 10 anak atau 83,33%. Simpulan penelitian ini adalah melalui permainan tebak kata dapat meningkatkan kemampuan pengenalan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Cemara Dua Surakarta Tahun Ajaran 2015/ 2016Kata kunci: membaca permulaan, permainan tebak kata ABSTRACT: The purpose of this research is to improve beginning reading ability through the guess word game on group B kindergarten Cemara Dua Surakarta academic year 2015/2016. This research of class room action research conducted during two cycles. Each cycle consist of four stage, that planning, implementation, observation and reflection. Subjects in this research is children in group B kindergarten Cemara Dua Surakarta totaling 12 students. . Data collection technique used were interviews, observation, documentation and performance Data validity have used was source triangulation and technique triangulation. The data analysis technique used was an interactive model that has three component, that data reduction, data display and conclusion The results of the research shows that through the guess word game can improve the beginning reading ability of children in group B kindergarten Cemara Dua Surakarta from precycle to the first cycle, and from the first cycle to the second cycle. The completeness classically children in reading ability in precycle amounted to 25% or 3 children who achieve complete criteria. First cycle is 58,33% or 7 children reached complete criteria. The second cycle in the classical reached complete reading ability skill is 83,33% or 10 children reached completed criteria. The conclusions of the research is guess word game can improve beginning reading ability in group B kindergarten Cemara Dua Surakarta Academic Year 2015/ 2016. Keywords: beginning reading ability, guess word game