EFEKTIFITAS PROJECT METHOD TERHADAP CREATIVE THINGKING ANAK USIA 5-6 TAHUN
Main Authors: | Rohmawati, Hanik Ika; Sebelas maret University, Syamsuddin, Muhammad Munif; Sebelas Maret University, Palupi, Warananingtyas; Sebelas Maret University |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi PG-PAUD FKIP UNS
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8606 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8606/6453 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan project method terhadap creative thinking anak usia 5-6 tahun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 5-6 tahun TK ABA Thoyibah Banyuanyar Surakarta. Sampel yang terpilih adalah 48 anak, 24 anak sebagai kelompok kontrol dan 24 anak sebagai kelompok eksperimen. Pengambilan sampel dengan sampling sistematis. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen Non Equivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik behavioral checklist. Analisis data menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji homogenitas dengan Levene Test Of Equality Varience, kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test dan Paired Sample T-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara project method terhadap creative thinking anak usia 5-6 tahun. Anak yang dibelajarkan melalui project method memiliki kemampuan creative thinking yang lebih baik dibanding anak yang tidak dibelajarkan dengan project method.Kata kunci : project method, creative thinking.ABSTRACK. This study aimed to test the effect of the use of project method to the creative thinking of children aged 5-6 years. The population in this study are all 5-6 years old children of TK ABA Thoyibah Banyuanyar Surakarta. Samples selected were 48 children, 24 children as a control group and 24 children as the experimental group. Sampling with systematic sampling. This study uses a quasi-experimental Design with type Non-Equivalent Control Group Design. The data collection techniques implemented with behavioral checklist. Data analysis using the Shapiro-Wilk normality test and homogeneity test with Levene Test Of Equality varience, then proceed to test the hypothesis using the Independent Sample T-Test and Paired Sample T-test with a significance level of 0.05. The results showed there is a difference significant influence between project method to creative thinking. The children who studying with project method has the ability of creative thinking better than children who do not studying with project method.Keywords: project method, creative thinking.