PENGARUH POSITIVE REAPPRAISAL TERHADAP EFIKASI DIRI AKADEMIK ANAK USIA 5-6 TAHUN
Main Authors: | Satriani, Aisyah Rubina; Sebelas Maret University, Sujana, Yudianto; Sebelas Maret University, Syamsuddin, Muhammad Munif; Sebelas Maret University |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi PG-PAUD FKIP UNS
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8493 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8493/6251 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/downloadSuppFile/8493/1015 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian quasi experiment ini bertujuan untuk menguji pengaruh positive reappraisal terhadap efikasi diri akademik anak usia 5-6 tahun. Desain yang digunakan adalah between subject dengan sampel independent sejumlah 23 anak pada masing-masing kelompok kontrol dan eksperimen. Data dikumpulkan menggunakan skala untuk mengukur efikasi diri akademik anak. Analisis data menggunakan t-test dengan SPSS 15 for windows. Hasil penelitian menunjukkan positive reappraisal memberikan pengaruh terhadap efikasi diri akademik anak usia 5-6 tahun.Kata Kunci: positive reappraisal, efikasi diri akademik, kinerja belajarABSTRACT The quasi experimental study aimed to examine the effect of positive reappraisal of the academic self-efficacy of children aged 5-6 years. Desain which is used between subject and independent sample 23 children in each control group and experiment. Data was collected by scale to measure children’s academic self-efficacy. The data is analyzed by t-test with SPSS 15 for windows. The result showed positive reappraisal gives influence toward children’s academic self-efficacy age 5-6 years.Keywords : positive reappraisal, academic self-efficacy, academic performance