PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Main Authors: | Antoro, Yogi Dwi; Universitas Sebelas Maret, Utomo, Suryadi Budi; Universitas Sebelas Maret, Masykuri, Mohammad; Universitas Sebelas Maret |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/8487 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/8487/6566 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran kooperatif TAI dan NHT terhadap prestasi belajar siswa pada materi Sistem Koloid; (2) pengaruh kemampuan memori tinggi dan kemampuan memori rendah terhadap prestasi belajar siswa pada materi Sistem Koloid; dan (3) interaksi antara model pembelajaran kooperatif TAI dan NHT dengan kemampuan memori terhadap prestasi belajar siswa pada materi Sistem Koloid. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 yang dikenai model NHT dan kelas XI IPA 3 yang dikenai model TAI yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Numbered Heads Together (NHT) terhadap prestasi belajar siswa aspek kognitif pada materi pokok Sistem Koloid, akan tetapi tidak terdapat pengaruh pada prestasi belajar siswa aspek afektif. (2) Terdapat pengaruh kemampuan memori terhadap prestasi belajar kognitif siswa, di mana siswa dengan kemampuan memori tinggi memiliki prestasi belajar lebih baik daripada siswa dengan kemampuan memori rendah, namun tidak terdapat pengaruh kemampuan memori terhadap prestasi belajar siswa aspek afektif. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Numbered Heads Together (NHT) dengan kemampuan memori terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa.