PENGGGUNAAN METODE GUIDED NOTE TAKING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PERJUANGAN MASA KEMERDEKAAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 BUMIREJO KEBUMEN TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: Azis, Mohamad Nur
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/8388
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/8388/6311
Daftar Isi:
  • Abstract: The Application of Guided Note Taking Method in Improving Social Science Learning. The objective of this research is to improve social science learning about the struggle during independence for the fifth grade students of SD Negeri 4 Bumirejo through the application of Guided Note Taking. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were 28 students of the fifth grade of SD Negeri 4 Bumirejo. Techniques of collecting data were observation, interview, test, and documentation. The result of this research shows that the application of Guided Note Taking method can improve social science learning about the struggle during independence. Keywords: Guided Note Taking, learning outcomes, social science Abstrak: Penggunaan Metode Guided Note Taking dalam Peningkatan Pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang perjuangan masa kemerdekaan pada siswa kelas V SD Negeri 4 Bumirejo Kebumen dengan menggunakan metode Guided Note Taking. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak tiga siklus, setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sebagai sampel adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Bumirejo Kebumen yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Guided Note Taking dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi perjuangan masa kemerdekaan. Kata kunci: metode Guided Note Taking, hasil belajar IPS