KONTRIBUSI KEMAMPUAN NUMERIK DAN KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROLISIS KELAS XI MIA1 DAN XI MIA5 SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Authors: Cahyono, Thoriq Dwi; Universitas Sebelas Maret, Masykuri, Mohammad; Universitas Sebelas Maret, Ashadi, Ashadi; Universitas Sebelas Maret
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret , 2016
Subjects:
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/8374
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/8374/6145
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui(1) adanya hubungan antara kemampuan numerik dengan prestasi belajar, (2) adanya hubungan kreativitas dengan prestasi belajar,(3) adanya hubungan antara kemampuan numerik dan kreativitas secara bersama - sama dengan prestasi belajar pada materi pokok Hidrolisis kelas XI SMA Negeri 2 Karanganyar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Sampel diambil 2 kelas dari 6 kelas dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis korelasi dan regresi linier. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik dengan prestasi belajar pada materi hidrolisis, dari uji t-dua pihak diperoleh nilai signifikansi 0,014 dan koefisien korelasi Pearson 0,304 (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas dengan prestasi belajar pada materi hidrolisis, dari uji t-dua pihak diperoleh nilai signifikansi 0,032 dan koefisien korelasi Pearson 0,266(3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik dan kreativitasdengan prestasi belajar pada materi ikatan kimia, dari uji F diperoleh nilai signifikansi 0,008 dan koefisien korelasi ganda 0,550.