PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TANJUNGSARI TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: nurcholifah, benti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/8353
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/8353/6297
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penerapan Model dengan Media Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Media Gambar dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tanjungsari Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan keterampilan menulis karangan melalui penerapan model kooperatif tipe CIRC dengan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif melalui tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tanjungsari yang berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe CIRC dengan media gambar yang dilaksanakan sesuai langkah yang tepat dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas IV SD Negeri Tanjungsari tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci: CIRC, media gambar, menulis karanganAbstract: The Application of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Model Using Pictures Media in Improving Writing Skills of Texts for the Fourth Grade Students. The objective of this research is to improve writing skills of texts through the application of CIRC model using pictures media. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were 34 students of the fourth grade of SD Negeri Tanjungsari. The results of this research showed that the application of CIRC using pictures media that conducted appropriately can improve writing skills of texts for the fourth grade students of SD Negeri Tanjungsari in academic year 2015/2016. Keywords: CIRC, pictures media, writing skills of texts