PEMETAAN PEMENUHAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN RELEVANSI TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DAN KETUNTASAN BELAJAR BIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Main Authors: Fakhrudin, Isma Aziz, Narut, Yosef Firman, Tri Bayu Tanaya, I Nyoman, Sajidan, Sajidan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Sebelas Maret Surakarta , 2015
Subjects:
snp
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/8331
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/8331/6056
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mengetahui profil pemenuhan standar nasional pendidikan dan hasil ujian nasional serta media dan proses belajar di salah satu sekolah menengah atas kabupaten sukoharjo. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survey dengan teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan profil keterpenuhan 8 SNP pada salah satu sekolah menengah atas di kabupaten sukoharjo sebesar 83,33 % dengan GAP tertinggi pada standar pendidik dan tenaga kependidikan (3,67 %) dan standar proses (3,24 %). Nilai ujian nasional memiliki rata-rata 5,92 dan pada proses pembelajaran kelas sebesar 81,82 %. Analisis profil buku guru dan siswa secara berturut-turut mendapatkan nilai sebesar 65 % dan 77 %. Hasil profil pemenuhan standar nasional pendidikan, hasil ujian nasional, media, dan proses belajar memberikan informasi yang dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukan kegiatan penelitian.