Upaya Peningkatan Kemampuan Membilang melalui Penerapan Metode Demonstrasi Bersumber Pemanfaatan Lingkungan Sekitar pada Anak Kelompok A TK Atraktif Widya Putra DWP UNS Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014

Main Authors: Puspitasari, Aprilia; Sebelas Maret University, Syamsuddin, Muhammad Munif; Sebelas Maret University, Rahmawati, Anayanti; Sebelas Maret University
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi PG-PAUD FKIP UNS , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8265
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8265/5999
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian adalah meningkatkan kemampuan membilang melalui penerapan metode demonstrasi bersumber pemanfaatan lingkungan sekitar pada anak kelompok A TK Atraktif Widya Putra DWP UNS Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Eksperimental selama dua siklus, dalam tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 22 anak kelompok A TK Atraktif Widya Putra DWP UNS Karanganyar dan memiliki kemampuan membilang yang masih rendah. Hasil penelitian ini adalah penerapan metode demonstrasi bersumber pemanfaatan lingkungan sekitar dapat meningkatkan kemampuan membilang pada anak kelompok A TK Atraktif Widya Putra DWP UNS.Kata kunci: Kemampuan Membilang, Metode DemonstrasiAbstract: The purpose of this research is to improve the ability to recognize number through demonstration method originating utilization the use of environmental for children kindergarten group A attractive Widya Putra DWP UNS Karanganyar in Academic Year 2013/2014. This study is an experimental action research did two cycles, each cycle consisted of three phases are planning, application of action, observation, and reflection. The subjects totaling 22 childrens group A of kindergarten childrens attractive Widya Putra DWP UNS Karanganyar and have the ability to recognize number are low. The results from this research is the application of demonstration method originating utilization the use of environmental can improve the ability to recognize number for children kindergarten group A attractive Widya Putra DWP UNS Karanganyar in Academic Year 2013/2014.Keywords: The Ability to Recognize Number, Demonstration Method