Pengaruh Talking Chips terhadap Kemampuan Bercerita pada Anak Usia 5-6 Tahun

Main Authors: Prasetyowati, Berty; Sebelas Maret University, Sujana, Yudianto; Sebelas Maret University, Pudyaningtyas, Adriani Rahma; Sebelas Maret University
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi PG-PAUD FKIP UNS , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8232
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8232/5998
Daftar Isi:
  • ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan talking chips terhadap kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun di TKIT Amanah Ummah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi experimental design dengan tipe non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui tes unjuk kerja, wawancara, dan dokumentasi. Validitas instrumen menggunakan validitas konstrak, uji daya beda item dengan teknik analisis product moment perason dan uji reliabilitas dengan menggunakan teknik analisis alpha cronbach’s. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji prasyarat analisis yang kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogeniitas. Uji hipotesis menggunakan independent sample t-test dan paired sample t-test. Hasil penelitian ini dapat diketahui terdapat pengaruh penerapan treatment talking chips terhadap kemampuan bercerita anak. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai pretest unjuk kerja kelompok eksperimen menunjukkan hasil 11,75 dan posttest 14,25 dengan nilai signifikansi 0,000 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan talking chips terhadap kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun di TKIT Amanah Ummah.Kata kunci: kemampuan bercerita, pembelajaran kooperatif, talking chipsABSTRACT: This study aims to determine the effect of the application of chips talking to the children’s stiry telling ability aged 5-6 years in TKIT Amanah Ummah. This research is a quantitative quasi-experimental design with a type of non-equivalent control group design. Data collection techniques implemented through performance tests, interviews, and documentation. The validity of the instrument using a construct validity, test items with a different power analysis technique product moment perason and reliability test using alpha cronbach's analysis techniques. Analysis of the data used in this research is the prerequisite test analysis and then proceed to test the hypothesis. Test requirements analysis consists of normality test and test homogeniitas. Test the hypothesis using independent sample t-test and paired sample t-test. The results of this study can be seen there is a effect of applying talking chips to to the children’s story telling ability. This is evidenced by the average value of pretest performance of the experimental group showed posttest results of 11.75 and 14.25 with significant value 0.000, which means there are significant differences. The conclusion of this study indicate that there are significant implementation talking chips to the children’s story telling ability aged 5-6 years in TKIT Amanah Ummah.Keywords: story-telling ability, cooperative learning, talking chips