PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PANGGUNG BONEKA PADA ANAK KELOMPOK B3 TK AL-HUDA KERTEN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Authors: Rahayu, Evika; Sebelas Maret University, Lestari, Lies; Sebelas Maret University, ., Yulianti; Sebelas Maret University
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi PG-PAUD FKIP UNS , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8083
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8083/5852
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/downloadSuppFile/8083/964
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita melalui penggunaan media panggung boneka pada anak kelompok B3 TK Al-Huda Kerten Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini anak kelompok B3 TK Al-Huda Kerten Surakarta yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, unjuk kerja, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan statistik deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media panggung boneka dapat meningkatkan keterampilan bercerita anak kelompok B3 TK Al-Huda Kerten Surakarta tahun ajaran 2015/ 2016. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan anak pada setiap siklus. Ketuntasan pada pratindakan sebesar 37,5%, siklus I 56,25%, dan siklus II 81,25%. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media panggung boneka dapat meningkatkan keterampilan bercerita anak kelompok B3 TK Al-Huda Kerten Surakarta tahun ajaran 2015/2016.Kata kunci:Keterampilan bercerita, panggung boneka, anak usia dini. ABSTRACT The purpose of this research is to increase storytelling skills through using puppet stage media in children kindergarten group B3 Al-Huda Kerten Surakarta academis year 2015/ 2016. This research is Classroom Action Research (CAR) the research was conducted over two cycles. Each cycle consisit of four stages namely planning, action, observation, and reflection. The subject were children in group B3, which represent 16 children. The data collection technique using observation, interview, performance, and documentation. The validity using triangulationtechniqueand triangulation source. The data analyzing using descriptive statistic comparative. The result showed that using puppet stage media can increase the storytelling skills in children kindergarten group B3 Al-Huda Kerten Surakarta academis year 2015/2016. This is proven by the ability increasing of the child in each cycle. The thoroughness on the pre-action is 37,5%, in the first cycle is 56,25%, and the second cycle is 81,25%. The conclusion of this study is the use of puppet stage media can improve storytelling skills of children in kindergarten group B3 Al-Huda Kerten Surakarta academic year 2015/2016.Keywords:Storytelling skills, puppet stage, early childhood.