PENERAPAN MODEL CONCEPT SENTENCE DENGAN MEDIA PUZZLE DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN CANDIWULAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: Utami, Tri Yogi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/8036
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/8036/6120
Daftar Isi:
  • Abstract: The Application of Concept Sentence Model Using Puzzle Media in Improving Writing Skills of Descriptive Text for the Fourth Grade Students of SD Negeri Candiwulan in the Academic Year of 2015/2016. The objectives of this research is to improving writing skills of descriptive text. This research is a collaborative classroom action research conducted within three cycles. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were 22 students. The results of this research showed that the application of concept sentence model using puzzle media can improve writing skills of descriptive text. It was proved by the increase of learning outcomes in the first cycle 65.91%, in the second cycle 79.54%, and in the third cycle 93.18%. The conclusion of this research is the application of concept sentence model using puzzle media can improve writing skills of descriptive text for the fourth grade students of SD Negeri Candiwulan. Keywords: Concept Sentence, puzzle media, writing skills Abstrak: Penerapan Model Concept Sentence dengan Media Puzzle dalam Peningkatan keterampilan Menulis Karangan pada Siswa Kelas IV SDN Candiwulan Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model concept sentence dengan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi. Peningkatan keterampilan menulis karangan dari 65,91% pada siklus I, meningkat menjadi 79,54% pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 93,18% pada siklus III. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model concept sentence dengan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Candiwulan. Kata kunci: Concept Sentence, Media Puzzle, Keterampilan Menulis