Penerapan Metode Survey-Question-Read-Recite-Review (SQ3R) Dengan Media Cetak Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Pada Siswa Kelas IV SDN Tanjungmeru Tahun Ajaran 2015/2016

Main Author: Lestari, Ulsana Puji
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/8007
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/8007/6093
Daftar Isi:
  • Abstract: The Application of Survey-Question-Read-Recite-Review (SQ3R) Method Using Print Media in Improving Intensive Reading Skills for the Fourth Grade Students of SD Negeri Tanjungmeru in the Academic Year of 2015/2016. The objectives of this research is to improve intensive reading skills of students. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Subjects of the research were 22 students of fourth grade students of SD Negeri Tanjungmeru in the academic year of 2015/2016. Source of data were derived from students, fifth grade teachers, researcher, classmates, and documents. Techniques of collecting data were test and non-test. The results of this research showed that the application of Survey-Question-Read-Recite-Review (SQ3R) method using print media can improve intensive reading skills of students in the first cycle 62.88%, in the second cycle 75%, and in the third cycle 84.09%.Keywords: SQ3R, print media, intensive reading skills Abstrak: Penerapan Metode Survey-Question-Read-Recite-Review (SQ3R) Dengan Media Cetak Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Pada Siswa Kelas IV SDN Tanjungmeru Tahun Ajaran 2015/2016.Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatan keterampilan membaca intensif siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tanjungmeru tahun ajaran 2015/2016, berjumlah 22 siswa. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa, guru kelas IV, peneliti, teman sejawat, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode SQ3R dengan media cetak dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa dengan KKM > 70 pada siklus I sebesar 62,88%, siklus II 75%, dan siklus III 84,09%. Kata kunci: SQ3R, media cetak, keterampilan membaca intensif