UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI MEDIA BUKU GAMBAR TANPA KATA PADA ANAK KELOMPOK B1 TK AISYIYAH MANGGIS KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Authors: Munzaroah, Dian Ana; Sebelas Maret University, Rahmawati, Anayanti; Sebelas Maret University, Hafidah, Ruli; Sebelas Maret University
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi PG-PAUD FKIP UNS , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/7955
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/7955/5829
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/downloadSuppFile/7955/957
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini Meningkatkan kualitas kemampuan bercerita melalui media buku gambar tanpa kata pada anak kelompok B1 TK Aisyiyah Manggis Tahun Pelajaran 2015/2016, Untuk mengetahui langkah-langkah kemampuan bercerita melalui media buku gambar tanpa kata pada anak kelompok B1 TK Aisyiyah Manggis Tahun Pelajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Subjek dan sumber data pada penelitian ini adalah 19 anak kelompok B1 TK Aisyiyah Manggis Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar.Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, unjuk kerja, dan dokumentasi.Teknik validitas data yang digunakan adalah triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisisdeskriptif komperatif. Target keberhasilan penelitian adalah 75% atau sekitar 14 anak dari 19 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan bercerita anak pada setiap siklus.Sebelum tindakan, terdapat 7 anak atau 36,84% yang dinyatakan tuntas. Pada siklus I, anak yang mencapai nilai ketuntasan mencapai 57,89% atau 11 anak, pada siklus II anak yang mencapai nilai ketuntasan mencapai 84,21% atau 16 anak. Kesimpulan penelitian ini adalah media buku gambar tanpa kata dapat meningkatkan kemampuan bercerita pada anak kelompok B1 TK Aisyiyah Manggis Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016. Kata kunci:Kemampuan Bercerita, Buku Gambar Tanpa Kata ABSTRACT The purpose of this research is to improve the quality of the storytelling ability through the medium of the picture book without words in group B TK Aisyiyah Manggis on academic year 2015/2016. This research was classroom action research (CAR). This research was conducted in two cycles, which consisting of planning, implementation, observation and reflection.Subject in this research were children in group B1 of TK Aisyiyah Manggis Karanganyar totaling 19 children. Data collection technique conducted by observation, interview, performance and documentation.Data Validity technique used triangulation methods and triangulation data source. Data analysis technique used was as a comperative descriptive analysis.Target of this research success is 75% or about 14 children from 19 children. The result of this study showed an increased tell children in each cycle. Before action, there are 7 children or 36,84% who were completed. The first cycles completeness children who werw completed up to 57,89% or 11 children, in second cycle children who get completed score up to 84,21% or 16 children. The conclusion of this study is a wordless picture book media can improve children's ability to tell the group B1 TK Aisyiyah Manggis Karanganyar Karanganyar 2015/2016Keywords:Ability of Storytelling, Picture Book Without Words