Penguasaan Fakta, konsep, Prosedur dan Metakognisi melalui Pertanyaan di Pembelajaran Problem Based Learning Biologi

Main Author: Widoretno, Sri; Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/7117
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/7117/4897
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran problem based learning terhadap penguasan fakta, konsep, prosedur dan metakognisi pada pembelajaran problem based learning pada pelajaran biologi. Penelitian merupakan quasi eksperiment dengan populasi penelitian adalah peserta didik kelas 10 SMAN 4 Surakarta, dengan 2 kelas sebagai sampel penelitian kontrol dan perlakuan. Penentuan sampel menggunakan purposive random sampling untuk dua kelas yang mempunyai kesamaan kemampuan dengan uji F(32;0,05)=3,998. Analisis pertanyaan peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran problem based learning menggunakan kualifikasi pertanyaan berdasarkan Taksonomi Bloom. Data dianalisis dengan anacova. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran problem based learning mempengaruhi penguasaan pertanyaan ditinjou dari jumlah pertanyaan pada pengetahuan fakta, konsep, prosedur namun tidak untuk metakognisi.Keywords: problem based learning, pertanyaaan, fakta, konsep, prosedur, metakognisi