PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 POGALAN KABUPATEN TRENGGALEK

Main Author: -, Sri Lestari -
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpe/article/view/7036
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpe/article/view/7036/4822
Daftar Isi:
  • Ketidaktuntasan siswa dalam memahami yang diajarkan oleh guru harus diselesaikan dengan pembelajaran yang kooperatif. Siswa dituntut aktif dalam pembelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada kelas VIII SMP Negeri 1 Pogalan, (2) peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, lembar observasi, angket, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi nilai. Hasil penelitian adalah: (1) penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas VIII dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari (2) penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik dari ranah kognitif maupun afektif. Kata Kunci: Snowball Throwing, Hasil belajarStudents in understanding taught by teachers must be solved by cooperative learning. Students are actively in the learning economy. The purpose of this study was to determine (1) the application of learning models of Snowball Throwing in class VIII SMP Negeri 1 Pogalan, (2) improving student learning outcomes by using model Throwing Snowball. Data was collected using tests, observation sheets, questionnaires, field notes, interviews and documentation value. Results of the study are: (1) the application of learning models of Snowball Throwing the eighth grade students can enhance students' understanding of the material that has been studied (2) the application of Snowball Throwing learning model can improve student learning outcomes both cognitive and affective. Keywords: Snowball Throwing, learning outcomes