KOMPETENSI DAN KESIAPAN GURU DI KOTA PADANG MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013

Main Author: -, Rino -
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpe/article/view/7027
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpe/article/view/7027/4813
Daftar Isi:
  • Kurikulum 2013 menuntut kreatifitas, inovasi dan kemadirian guru. Perubahan paradigma guru yang dituntut adalah dari teaching yang teacher oriented menjadi aktifitas instruction yang student oriented dengan memperhatikan keseimbangan pencapaian kognitif, afektif dan psikomotor. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan alternatif model pemecahan masalah untuk meningkatkan kompetensi dan kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 pada masing-masing satuan pendidikan menengah SMA, SMK, MA di Sumatera Barat. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif kuantitatif dengan menggunakan instrumen berupa dokumen, observasi, angket, dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis wawancara. Hasil penelitian ini guru-guru di kota Padang sudah kompetens dan siap mengimplementasikan kurikulum 2013. Untuk meningkatkan kompetensi dan kesiapan guru untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 adalah dengan mengintensifkan kegiatan diklat dan kegiatan non diklat Kata kunci: kesiapan guru, kompetensi guru, kurikulum 2013Curriculum of 2013 requires creativity, innovation, and independence of the teacher. The changes in teacher’s paradigm required is from teaching with teacher oriented to instruction activity with student oriented, regarding to balance in cognitive, affective, and psychomotor achievement. This research aims to generate alternative model in problem-solving to enhance competency and readiness of teacher in implementing the 2013’s curriculum in each education unit (High School, Vocational High School, and Islamic High School in West Sumatra). This research used descriptive quantitative method, and used instruments such as document, questionnaire, observation, and interview. This research found that teachers in Padang already have competency and readiness to implementing the 2013’s curriculum. To enhance the competency and readiness of the teachers, there are need to held educational training and non educational training activity continuously. Key words: teachers’ readiness, teacher’s competence, curriculum of 2013