PERBEDAAN KESIAPAN MENJADI GURU PROFESIONAL DIKALANGAN MAHASISWA PENDIDIDKAN EKONOMI FKIP UKSW DITINJAU DARI EKSPEKTASI SETELAH LULUS
Main Authors: | -, Entri Sulistari -, -, Andri Ayu Madyaningrum -, -, Madiya - |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpe/article/view/7006 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpe/article/view/7006/4793 |
Daftar Isi:
- Program studi Pendidikan Ekonomi FKIP UKSW sebagai sebuah LPTK ternyata memiliki keragaman mahasiswa dalam hal ekspektasi setelah lulus. Dalam hal ini, terdapat mahasiswa yang bercita-cita atau berekspektasi menjadi guru, bekerja di perusahaan, berwiraswasta, dsb setelah lulus. Ekspektasi tersebut dapat dikelompokan menjadi 2 yaitu guru dan selain guru. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji perbedaan kesiapan menjadi guru profesional di kalangan mahasiswa pendidikan ekonomi UKSW antara mahasiswa yang berekspektasi menjadi guru setelah lulus dan mahasiswa yang berekspektasi menjadi selain guru setelah lulus. Pendekatan dari penelitian ini adalah kuantitatif komparatif. Data di kumpulkan dengan tekhnik angket yang di isi oleh 36 mahasiswa. Data yang terkumpul di analisis dengan tekhnik uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan kesiapan menjadi guru profesional di kalangan mahasiwa pendidikan ekonomi di tinjau dari ekspektasi setelah lulus. Mahasiswa yang berekspektasi menjadi guru setelah lulus memiliki kesiapan menjadi guru profesional yang sama dibandingkan dengan mahasiswa yang berekspektasi menjadi selain guru setelah lulus. Nilai t sebesar 1,834 yang signifikan pada tingkat kesalahan 0,083 (lebih besar dari 0,05) yang berarti H0 diterima. Kata kunci: kesiapan mahasiswa menjadi guru profesional, ekspektasi setelah lulus