PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Panca Setya Sintang )

Main Author: -, Dessy Triana Relita -
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpe/article/view/6997
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpe/article/view/6997/4784
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran selama ini kurang mampu membuat siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam ekonomi seperti menabung, menghemat konsumsi, dan menggunakan sumber daya yang terbatas bagi pemenuhan kebutuhan hidup. Pola pembelajaran yang masih sering diterapkan guru adalah pola pembelajaran teacher centered. Sedangkan tuntutan masa kini diperlukan sumber daya manusia yang kritis yang mampu mengelola dan menciptakan sesuatu yang baru dan berdaya guna serta memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode role playing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain true eksperiment. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X . Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis, kuesioner dan pedoman observasi. Analisis hipotesis dengan uji statistik nonparametrik Uji Wilcoxon menggunakan SPSS versi 17. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode role playing memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode role playing dapat diterapkan sebagai salah satu metode pada pembelajaran Ekonomi.Kata Kunci: Metode Role Playing, Kemampuan Berpikir Kritis