PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PREZI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN
Main Author: | -, Arif Wahyu Wirawan - |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpe/article/view/6991 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpe/article/view/6991/4778 |
Daftar Isi:
- Hasil belajar Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian di SMK Negeri 3 Surakarta masih rendah. Sehingga mendasari penelitian ini dalam penerapan media pembelajaran berbasis prezi untuk meningkatkan hasil belajar administrasi kepegawaian. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi kepegawaian dengan menggunakan media software prezi kelas XI AP 2 SMK Negeri 3 Surakarta tahun ajaran 2014/2015, (2) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan media pembelajaran berbasis prezi untuk meningkatkan hasil belajar administrasi kepegawaian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, tes evaluasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa, guru mata pelajaran administrasi kepegawaian, peneliti, teman sejawat dan dokumen. Peneltian ini meliputi empat tahap disetiap siklusnya, yakni: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mata pelajaran administrasi kepegawaian melalui penerapan pendekatan scientific dengan menggunakan media software prezi. Hal ini dapat dibuktikan persentase ketuntasan hasil belajar mata pelajaran administrasi kepegawaian dengan KKM > 75 pada siklus I sebesar 79,3% atau 23 siswa dan siklus II 100% atau 29 siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Software Prezi