Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Membuat Gambar dengan Teknik Mozaik Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi IV Banaran Sambungmacan Sragen Tahun Ajaran 2013/ 2014
Main Authors: | Hajarwati, Diyah; Sebelas Maret University, ., Amir; Sebelas Maret University, Daryanto, Joko; Sebelas Maret University |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi PG-PAUD FKIP UNS
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6882 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6882/4704 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus dengan menerapakan kegiatan membuat gambar dengan teknik mozaik pada anak kelompok B TK Pertiwi IV Banaran Sambungmacan Sragen Tahun Ajaran 2013-2014. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Penelitian ini dilakukan di TK Pertiwi IV Banaran Sambungmacan Sragen pada bulan Januari-Juni 2014 dengan subjek penelitian sebanyak 22 anak kelompok B. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang meliputi tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam setiap siklusnya. Pada pra siklus terdapat 36,36% yang mencapai kriteria nilai tuntas, siklus I terdapat skor 60,61%,dan siklus II terdapat 81,82%.Kata kunci: keterampilan, motorik halus, mozaikABSTRACT The research are to improve the motor skills by applying activities to create an image with mosaic technique to the children in B group of Pertiwi IV Kindergarten Banaran Sambungmacan Sragen in period 2013-2014. The research used a classroom action research method. Each cycle consist of planning, implementation, observation, and reflection. The research in Pertiwi IV Kindergarten Banaran Sambungmacan Sragen of month January-June 2014 with subjects of the research were the 22 children in B Group. Data analizing technique used interactive analysis which consist of three class is data reduction, data display, and verification.The results of this research showed that an increase in each cycle. In the pre-cycle are 36,36% who were obtained complete criteria, the first cycle are 60,61%, and the second cycle are 81,82%.Keywords: skills, fine motor, mosaic