MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL PADA TEMA PEKERJAAN MELALUI MEDIA PUZZLE GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelompok Anak Kelompok B2 TK Pertiwi 02 Jenengan, Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014)
Main Authors: | Prasetyoningrom, Wahyu; Sebelas Maret University, ., Sutijan; Sebelas Maret University, Shaifuddin, Muhammad; Sebelas Maret University |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi PG-PAUD FKIP UNS
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6881 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6881/4703 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial anak melalui media puzzle gambar pada kelompok B2 TK Pertiwi 02 Jenengan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelompok (PTK). Subjek penelitian adalan anak kelompok B2 TK Pertiwi 02 Jenengan yang berjumlah 13 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media puzzle gambar dapat meningkatkan kecerdasan visual spasial pada anak kelompok B2 TK Pertiwi 02 Jenengan, Boyolali. Hal ini terbukti pada hasil siklus I dan siklus II sebagai berikut: pada siklus I dari 13 anak, sebanyak 7 anak atau 53,85% mencapai nilai tuntas. Pada siklus II sebanyak 11 anak atau 84,62% mencapai nilai tuntas.Kata kunci : Kecerdasan Visual Spasial, Media Puzzle GambarABSTRACT: The purpose of the research is to improve the intelligence of the visual spatial students through media images puzzles in class B2 Pertiwi kindergarten 02 Jenengan. The research represent the classroom action research (CAR). The subject of this research are students in class B2 Pertiwi kindergarten 02 Jenengan, totaling 13 students. The results showed that through the media images puzzles can improve intelligence visual spatial students at class B2 Pertiwi kindergarten 02 Jenengan , Boyolali. This provent at the results of the first cycle and second cycle as follows: in the first cycle of 13 students, as many as 7 or 53.85% of students achieving grades completed. In the second cycle as many as 11 students or 84.62% achieved complete value.Keywords: Visual Spatial Intelligence, Media Puzzle Picture