PENERAPAN PERMAINAN PINDAH KAMAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK KELOMPOK A TK TAMAN PUTERA MANGKUNAGARAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Main Authors: Wahyuningtyas, Yulinda; Sebelas Maret University, ., Dakir; Sebelas Maret University, ., Sularmi; Sebelas Maret University
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi PG-PAUD FKIP UNS , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6866
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6866/4688
Daftar Isi:
  • Abstract: The purpose of this research is to improve the ability to recognize geometric shapes children of group A Kindergarden Taman Putera Mangkunagaran Academic Year 2013/2014. The experiment was conducted in two cycles, with each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. The data collection technique by using observation techniques, performance tests, interviews, and documentation. The data analysis technique that used in this research was to use interactive model of analysis technique Kemmis dan Mc. Tagart that consists of three components analysis that included data reduction, data presentation, the withdrawal of conclusions or verification. There was the percentage increase in the ability of a children to recognize geometric shapes of the early condition 4 children (36.4%) were completed, 7 children (63.6%) were not completed, in the first cycle increased but still not reach the expected results, that 7 children (63.6%) were completed, 4 children (36.4%) were not completed, then the second cycle had a significant increase in accordance with the expected results, that 9 children (81.8%) were completed, 2 children (18, 2%) were not completed. Based on the results of this study can be concluded that Application Of Room Move Game To Improve The Ability To Recognize Geometric Shapes Children Of Group A Kindergarden Taman Putera Mangkunagaran Academic Year 2013/2014.Keywords: Room Move Game, Introduction to Geometr, Cognitive Development of ChildrenAbstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok A melalui permainan pindah kamar TK Taman Putera Mangkunagaran Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes unjuk kerja, wawancara, dan dokumentasi. Teknil analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc. Tagartyang terdiri dari tiga komponen analisis yang meliputi reduksi data, penyajian data, kesimpulan – kesimpulan penarikan atau verifikasi. Adanya persentase peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri anak dari kondisi awal 4 anak (36,4%) yang tuntas, 7 anak (63,6%) yang tidak tuntas, pada siklus I mengalami peningkatan tetapi masih belum mencapai hasil yang diharapkan yaitu 7 anak (63,6%) yang tuntas, 4 anak (36,4%)yang tidak tuntas, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan sesuai dengan hasil yang diharapkan yaitu 9 anak (81,8%) yang tuntas, 2 anak (18,2%) yang tidak tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Penerapan Permainan Pindah Kamar meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri anak kelompok A TK Taman Putera Mangkunagaran Tahub Ajaran 2013/2014.Kata Kunci : Permainan Pindah Kamar, Pengenalan Geometr,Perkembangan Kognitif Anak