Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Menggambar melalui Metode Bercerita pada Anak Kelompok A di TK Widya Putra DWP UNS Jaten Karanganyar Tahun Ajaran 2013/ 2014
Main Authors: | Ningrum, Atein Respati; Sebelas Maret University, Slamet, St Y; Sebelas Maret University, ., Usada; Sebelas Maret University |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi PG-PAUD FKIP UNS
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6858 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6858/4680 |
Daftar Isi:
- ABSTRACT This study aims to improve the ability of drawing creativity through storytelling method for children kindergarten group A Widya Putra DWP UNS Jaten Karanganyar. Academic year 2013/2014. Action research was conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. Based on data analysis and discussion, gained result that the application of storytelling method able to improve the ability of drawing creativity for for children kindergarten group A Widya Putra DWP UNS Jaten Karanganyar on the first cycle was 54% and 86% for second cycle.Kata kunci : menggambar, kreativitas, metode berceritaABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas menggambar melalui metode bercerita pada anak kelompok A TK Widya Putra DWP UNS Jaten Karanganyar tahun ajaran 2013/2014. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan analisis data penelitian dan pembahasan, diperoleh hasil bahwa metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan kreativitas menggambar pada anak kolompok A TK Widya Putra DWP UNS Jaten Karanganyar pada siklus 1 sebesar 54% dan siklus 2 sebesar 86%.Keywords : drawing, creativity, storytelling method