Upaya Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok A TK Sandhy Putra Sukarta Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Authors: | Wulandari, Novi; Sebelas Maret University, Mahfud, Hasan; Sebelas Maret University, ., Matsuri; Sebelas Maret University |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi PG-PAUD FKIP UNS
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6857 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6857/4679 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan verbal-linguistik melalui metode bernyanyi pada anak kelompok A TK Sandhy Putra Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus merupakan perbaikan yang didasarkan atas hasil refleksi dari hasil siklus sebelumnya. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode bernyanyi dapat meningkatkan kecerdasan verbal-linguistik anak kelompok A TK Sandhy Putra Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014.Kata Kunci: kecerdasan verbal-linguistik, metode bernyanyiABSTRACT This research porpuse to improve the verbal-linguistic intelligence through singing method in a group A of kindergarten children Sandhy Putra Surakarta academic year 2013/2014. Classroom action research was conducted in two cycles, and each cycle is an improvement based on the results of a reflection of the results of the previous cycle. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The results showed that through the singing method can improve verbal-linguistic intelligence kindergarten children in group A Sandhy Putra Surakarta academic year 2013/2014.Keyword: Verbal-linguistic intelligence, singing method