UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI LISAN MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH 21 PREMULUNG TAHUN AJARAN 2013/2014
Main Authors: | ., Norhalimah; Sebelas Maret University, Mahfud, Hasan; Sebelas Maret University, ., Matsuri; Sebelas Maret University |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi PG-PAUD FKIP UNS
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6849 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6849/4675 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan melalui metode bercerita pada anak kelompok A TK Aisyiyah 21 Premulung tahun ajaran 2013/2014. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus merupakan perbaikan yang didasarkan atas hasil refleksi dari siklus sebelumnya. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yangdigunakan adalah teknik analisis interaktif Milles dan Huberman kegiatan pokok analisismeliputi reduksi data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukanbahwa melalui metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan padaanak kelompok A TK Aisyiyah 21 Premulung tahun ajaran 2013/2014. Kata Kunci: kemampuan berkomunikasi lisan, metode bercerita Abstract: This research aims to improve students verbal communication ability group A TKAisyiyah 21 Premulung academic year 2013/2014 through a storytelling. This class roomresearch was implemented in two cycles and every cycle is an improvement based on thereflection of the previous cycle. Each cycle includes the planning, implementation,observation and reflection. Analysis of the data used is the technique of Miles and Huberman interactive analysis of the principal activities include the analysis of data reduction, data display and verification. The result of the study showed that through storytelling can increase verbal communication ability on group A TK Aisyiyah 21 Premulung academic year 2013/2014. Keywords: verbal communication ability, storytelling.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisanmelalui metode bercerita pada anak kelompok A TK Aisyiyah 21 Premulung tahun ajaran2013/2014. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusmerupakan perbaikan yang didasarkan atas hasil refleksi dari siklus sebelumnya. Setiapsiklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yangdigunakan adalah teknik analisis interaktif Milles dan Huberman kegiatan pokok analisismeliputi reduksi data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukanbahwa melalui metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan padaanak kelompok A TK Aisyiyah 21 Premulung tahun ajaran 2013/2014. Kata Kunci: kemampuan berkomunikasi lisan, metode bercerita Abstract: This research aims to improve students verbal communication ability group A TKAisyiyah 21 Premulung academic year 2013/2014 through a storytelling. This class roomresearch was implemented in two cycles and every cycle is an improvement based on thereflection of the previous cycle. Each cycle includes the planning, implementation,observation and reflection. Analysis of the data used is the technique of Miles and Hubermaninteractive analysis of the principal activities include the analysis of data reduction, datadisplay and verification. The result of the study showed that through storytelling can increaseverbal communication ability on group A TK Aisyiyah 21 Premulung academic year2013/2014. Keywords: verbal communication ability, storytelling.