Peningkatan Pemahaman Penggolongan Benda Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Video Interaktif Pada Anak Kelompok A TK Eka Puri Mandiri Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014

Main Authors: Nurjanah, Novita Eka; Sebelas Maret University, ., Sukarno; Sebelas Maret University, Daryanto, Joko; Sebelas Maret University
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi PG-PAUD FKIP UNS , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6844
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6844/4672
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman penggolongan benda melalui metode demonstrasi berbantuan video. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas instrumen penelitian ini menggunakan validitas isi dan validitas konstruk, sedangkan validitas data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui metode demonstrasi berbantuan video dapat meningkatkan pemahaman penggolongan benda pada anak kelompok A TK Eka Puri Mandiri Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Kata Kunci: penggolongan benda, metode demonstrasi, video interaktif. ABSTRACT The purpose of this research is to improve understanding of the classification of objects through method demonstration-assisted interactive video. The form of this research is classroom action research (CAR), which consists of two cycles. Instrument validity is collected by using content validity and construct validity, whereas data validity by using methodological triangulation. The data analysis technique used is the interactive model. The result of this research showed that by applying the method of demonstration-assisted interactive video can improve understanding of the classification of object of the children in group A of Eka Puri Mandiri Kindergarten of the academic year 2013/2014. Keywords: the classification of objects, demonstration method, interactive video. ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman penggolongan benda melalui metodedemonstrasi berbantuan video. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri daridua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.Validitas instrumen penelitian ini menggunakan validitas isi dan validitas konstruk, sedangkan validitas datamenggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif.kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui metode demonstrasi berbantuan video dapatmeningkatkan pemahaman penggolongan benda pada anak kelompok A TK Eka Puri Mandiri Surakarta TahuAjaran 2013/2014.Kata Kunci: penggolongan benda, metode demonstrasi, video interaktif.ABSTRACT The purpose of this research is to improve understanding of the classification of objects throughmethod demonstration-assisted interactive video. The form of this research is classroom action research (CAR),which consists of two cycles. Instrument validity is collected by using content validity and construct validity,whereas data validity by using methodological triangulation. The data analysis technique used is the interactivemodel. The result of this research showed that by applying the method of demonstration-assisted interactivevideo can improve understanding of the classification of object of the children in group A of Eka Puri MandiriKindergarten of the academic year 2013/2014.Keywords: the classification of objects, demonstration method, interactive video.