Upaya Peningkatan Keterampilan Membuat Kerajinan Tangan Melalui Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Siswa Kelas V SDN 3 Waluyo Tahun Ajaran 2013/2014
Main Author: | sunardi, sunardi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/6758 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/6758/5041 |
Daftar Isi:
- Abstract: Improving Skills to Make Crafts Through Learning Model CTL (Contextual Teaching and Learning) Grade 3 Waluyo SDN Academic Year 2013/2014. The purpose of this study was to describe the CTL learning model, to improve the skills of handicraft especially meronce, to describe problems and solutions CTL learning model. This research was conducted in three cycles. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The subjects were students of class V SDN 3 Waluyo. The data source of this research is the students, teachers, and observer. Data collection techniques used were documentation, observation, interview and test. The validity of the source data using triangulation techniques and triangulation of data collection techniques. The conclusions of this study is the use of CTL learning model can improve the skills of handicraft meronce fifth grade students of SDN 3 Waluyo the academic year 2013/2014.Keywords: CTL, Skills, Handy Craft Abstrak: Upaya Peningkatan Keterampilan Membuat Kerajinan Tangan Melalui Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Siswa Kelas V SDN 3 Waluyo Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan model pembelajaran CTL, untuk meningkatkan keterampilan kerajinan tangan khususnya meronce, untuk mendiskripsikan kendala dan solusi model pembelajaran CTL. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Waluyo. Sumber data penelitian ini adalah siswa, guru, dan observer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan keterampilan kerajinan tangan meronce siswa kelas V SDN 3 Waluyo tahun ajaran 2013/2014.Kata kunci: CTL, Keterampilan, Kerajinan Tangan