STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN TALKING STICK DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN ANALISIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015
Main Authors: | Pangesti, Yosia Paksi Dea; Universitas Sebelas Maret, Mulyani, Bakti; Universitas Sebelas Maret, Utami, Budi; Universitas Sebelas Maret |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/6743 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/6743/4751 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran Make a Match dan Talking Stick terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh kemampuan analisis terhadap prestasi belajar siswa, (3) interaksi model pembelajaran kooperatif Make a Match dan Talking Stick dengan kemampuan analisis terhadap prestasi belajar siswa pada materi konsep mol. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dan kelas X MIA 4 SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2014/ 2015 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan uji ANAVA Dua Jalan dengan faktor 2x2. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) prestasi belajar aspek kognitif siswa pada model pembelajaran Make a Match lebih baik dari pada model pembelajaran Talking Stick. Sedangkan pada aspek afektif tidak ada pengaruh terhadap prestasi belajar siswa, (2) tidak terdapat pengaruh kemampuan analisis terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Make a Match dan Talking Stick dengan kemampuan analisis terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa dengan ditunjukkan nilai masing-masing uji anava Fhitung < Ftabel yaitu 0,92 < 4,03 dan Fhitung < Ftabel yaitu 0,41 < 4,03.