PEMBELAJARAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI REDOKS KELAS X MIA 3 SMA NEGERI 1 TERAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Authors: | Antrakusuma, Bayu; Universitas Sebelas Maret, Haryono, Haryono; Universitas Sebelas Maret, Utomo, Suryadi Budi; Universitas Sebelas Maret |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/6664 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/6664/4541 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan (1) aktivitas belajar dan (2) prestasi belajar yaitu aspek pengetahuan, sikap sosial, dan keterampilan siswa pada materi redoks dengan menerapkan pembelajaran model STAD berbantuan e-learning pada kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Teras tahun pelajaran 2014/2015. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Data diperoleh melalui angket, tes, observasi serta wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model STAD berbantuan e-learning dapat meningkatkan (1) aktivitas siswa 93,94% pada siklus I menjadi 94,12% pada siklus II (pada siklus I masih terdapat indikator aktivitas yang belum terpenuhi, sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II) dan (2) prestasi belajar siswa aspek pengetahuan 39,39% pada siklus I menjadi 69,70% pada siklus II pada materi redoks. Dari aspek sikap sosial mencapai target, yaitu dengan persentase 81,81% pada siklus I. Pada aspek keterampilan mencapai 100% pada siklus I dan telah mencapai target.