PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN TUTOR SEBAYA DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Main Authors: Arifianingsih, Indah; Universitas Sebelas Maret, Mulyani, Sri; Universitas Sebelas Maret, Utomo, Suryadi Budi; Universitas Sebelas Maret
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret , 2015
Subjects:
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/6640
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/6640/4534
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran Problem Solving berbantuan tutor sebaya dan TAI terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan konsep mol; (2) pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan konsep mol; (3) interaksi antara model pembelajaran Problem Solving berbantuan tutor sebaya dan TAI dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan konsep mol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2 dan X MIA 3 SMA Negeri Colomadu tahun pelajaran 2014/2015 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dan uji statistik non parametrik Kruskal Wallis. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) ada pengaruh model Problem Solving berbantuan tutor sebaya dan TAI terhadap prestasi pengetahuan, tetapi tidak ada pengaruh terhadap prestasi sikap dan keterampilan pada pokok bahasan konsep mol; (2) tidak ada pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi pengetahuan, dan keterampilan pada pokok bahasan konsep mol; (3) tidak ada interaksi antara model Problem Solving berbantuan tutor sebaya dan TAI dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi pengetahuan, sikap, dan keterampilan pada pokok bahasan konsep mol.