PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) DISERTAI EKSPERIMEN PADA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MIA 3 SMA NEGERI 4 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Authors: Farikha, Luqia Intan; Universitas Sebelas Maret, Redjeki, Tri; Universitas Sebelas Maret, Utomo, Suryadi Budi; Universitas Sebelas Maret
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret , 2015
Subjects:
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/6611
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/6611/4503
Daftar Isi:
  • Penelitian pembelajaran dengan model Predict Observe Explain (POE) disertai eksperimen ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrolisis garam kelas XI MIA 3 SMA Negeri 4 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Data diperoleh dari wawancara, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model POE disertai eksperimen dapat meningkatkan aktivitas (64,7,0 % pada siklus I menjadi 76,47 % pada siklus II) prestasi belajar siswa (aspek pengetahuan 52,94 % pada siklus I menjadi 76,47 % pada siklus II) pada materi pokok hidrolisis garam. Aspek sikap sosial menunjukkan terdapat peningkatan presentase dari 91,00% pada siklus I menjadi 97,06% pada siklus II. Aspek keterampilan mencapai 100,00 % pada siklus I.