PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA ANAK KELOMPOK B TKIT TAZKIYA KIDS NGRAMPAL SRAGEN TAHUN AJARAN 2014/2015
Main Authors: | Ikromah, Fita; Sebelas Maret University, ., Usada; Sebelas Maret University, ., Yulianti; Sebelas Maret University |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi PG-PAUD FKIP UNS
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6445 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6445/4410 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita melalui media audio visual pada anak kelompok B TKIT Tazkiya Kids Ngrampal Sragen Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TKIT Tazkiya Kids Ngrampal Sragen yang berjumlah 18 anak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan bercerita menggunakan media audio visual. Prosentase ketuntasan pada pra tindakan adalah sebesar 16,66%. Pada siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 22,22%. Pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 55,56%. Pada siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 72,22%. Pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 83,33%. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa media audio visual dapat meningkatkan keterampilan bercerita anak kelompok B TKIT Tazkiya Kids Ngrampal Sragen Tahun Ajaran 2014/2015.Kata Kunci: Keterampilan bercerita, media audio visual. ABSTRACT The purpose of this research are to improve students’ story telling ability through audio visual media on the B group children of TKIT Tazkiya Kids Ngrampal Sragen 2014/2015 academic year. This research is a classroom action research that be held in two cycles. Every cycle consist of four steps. The steps are plan, action, observation and reflection. The subjects of action research are B group children which consists of 18 children. The result of research showed there is increasing of storytelling skills using audio-visual media. Percentage of completeness on pre-action amounted to 16,66%. First meeting in the first cycle percentage of completeness increase to 22,22%. Second meeting in the first cycle increase to 55,56%. First meeting in the second cycle increase to 72,22%, second meeting in the second cycle increase to 83,33%. The conslusion of this research are audio visual media can improve children’s story telling skill on the B group children of TKIT Tazkiya Kids Ngrampal Sragen 2014.2015 academic yearKeywords: story telling, audio visual media