IMPLEMENTASI REWARD UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DALAM MENJAGA KEBERSIHAN DIRI (PERSONAL HYGIENE) PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK A1 USIA 4-5 TAHUN TK PERMATA HATI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Main Authors: Herdiyanti, Mega; Sebelas Maret University, Hafidah, Ruli; Sebelas Maret University, Palupi, Warananingtyas; Sebelas Maret University
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi PG-PAUD FKIP UNS , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6299
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6299/4332
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian peserta didik dalam menjaga kebersihan diri (personal hygiene). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui skala sikap, observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teori, triangulasi sumber, triangulasi metode. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model interaktif. Hasil peningkatan kemandirian dalam menjaga kebersihan diri (personal hygiene) dapat dilihat dari jumlah peningkatan rata-rata penilaian peserta didik yang pada prasiklus hanya sebanyak 2 peserta didik dengan persentase 13,3%, kemudian pada siklus 1 meningkat menjadi 5 peserta didik dengan persentase 33,3% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 13 peserta didik dengan persentase 83,4%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi reward dapat meningkatkan kemandirian peserta didik dalam menjaga kebersihan diri (personal hygiene).