PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN PUZZLE PADA ANAK KELOMPOK A TK ISLAM TERPADU AISYIYAH LABAN MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2014/2015
Main Authors: | Putri, Synthia; Sebelas Maret University, ., Djaelani; Sebelas Maret University, Markamah, Endang; Sebelas Maret University |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi PG-PAUD FKIP UNS
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6295 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6295/4331 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri dengan menggunakan permainan puzzle pada anak kelompok A TK Islam Terpadu Aisyiyah Laban Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015. Merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan pada empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, dan tes. Uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa melalui permainan puzzle dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri dari pra siklus hingga siklus 2. Pada pra siklus hasil ketuntasan klasikal sebesar 36,36%, di siklus 1 hasil ketuntasan sebesar 54,54%, dan siklus 2 menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 81,81%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan permainan puzzle dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok A TK Islam Terpadu Aisyiyah Laban Mojolaban Sukoharjo 2014/2015.Kata kunci: permainan puzzle, bentuk geometriABSTRACT the purpose of this research for improving the ability in recognize geometrical shape by playing puzzle on group A children TK Islam Terpadu Aisyiyah Laban Mojolaban Sukoharjo in Academic Year 2014/2015. This is classroom action researc (CAR). It consist of two cycles. Each cycle conducted of four phase, namely planning, action, observation, and test. Validity of data used source triangulation and technique triangulation. The data are then analyzed by using the interactive model from Miles and Huberman of data reduction, data display, and conlusion drawing/verificaton. The research result showed that playing puzzle can improve the ability to recognize geometrical shape from pre cycle untul second cycle. Classical completeness result in pre cycle was 36,36%, increased to 54,54% in first cycle where as its result insecond cycle was 81,81%. The conclusion of this research is improving the ability in recognize geometrical shape by playing puzzle on children of A group TK Islam Aisyiyah Laban Mojolaban Sukoharjo in Academic Year 2014/2015.Keywords: geometrical shape, playing puzzle