PENINGKATAN PENGENALAN SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK A TK KARANG INDRIYA KARANGASEM TAHUN AJARAN 2014/ 2015
Main Authors: | Sho'imah, Siti; Sebelas Maret University, ., Samidi; Sebelas Maret University, Astuti, MG. Dwiji; Sebelas Maret University |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi PG-PAUD FKIP UNS
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6244 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6244/4464 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengenalan sains pada peserta didik kelompok A TK Karang Indriya Karangasem tahun ajaran 2014/ 2015.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelompok A1 TK Karang Indriya Karangasem tahun ajaran 2014/ 2015 yang berjumlah 18 peserta didik. Data berupa data kuantitatif dan data kualitatif, sedangkan sumber data berasal dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengenalan sains melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dari prasiklus 33,33%. Pada siklus I meningkat menjadi 68,75% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 88,89%.Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan pengenalan sains pada peserta didik kelompok A1 TK Karang Indriya tahun ajaran 2014/ 2015.Kata kunci: pengenalan sains, model pembelajaran kooperatif, Team Game Tournament (TGT)ABSTRACT: The purpose of this research is to improve the science recognition in learners group A TK Karang Indriya Karangasem academic year 2014/2015. This research is a classroom action research (PTK). It was conducted in two cycles, and each cycle consists of four stages: planning, action, observation, and reflection. The subjects of the research were learners group A1 TK Karang Indriya Karangasem academic year 2014/2015, amounting to 18 learners.The source of data was derived from the primary data and secondary data. The technique of data collection technique used observation, interviews, documentation and testing. The data validity of the source using data triangulation and techniques triangulation. Analysis of the data used in this research is an interactive data analysis that includes data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. The results of the research showed an increase in the science recognition through cooperative learning type Team Game Tournament (TGT) from prasiklus 33,33%. In the first cycle increased to 68,75% and the second cycle increased to 88,89%. Conclusions of this research is cooperative learning type Team Game Tournament (TGT) may increase the science recognition learners in group A1 TK Karang Indriya Karangasem academic year 2014/2015.Key word: science recognition, cooperative learning, Team Game Tournament (TGT)