PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE DRILL PENYUSUNAN KUBUS GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK KEMALA BHAYANGKARI 55 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Main Authors: Permatasari, Wahita Sujud; sebelas maret university, ., Suharno, Lestari, Lies
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi PG-PAUD FKIP UNS , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6173
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6173/4273
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/downloadSuppFile/6173/852
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/downloadSuppFile/6173/853
Daftar Isi:
  • ABSTRAK: Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara anak melalui metode drill penyusunan kubus gambar pada anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 55 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 55 Surakarta tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 22 anak (11 laki-laki dan 11 perempuan). Pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode drill penyusunan kubus gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan anak pada setiap siklus. Ketuntasan pada pratindakan sebesar 9,09%, siklus I pertemuan 1 sebesar 27,27%, siklus I pertemuan 2 sebesar 40,91%, siklus II pertemuan 1 sebesar 49,09%, siklus II pertemuan 2 sebesar 59,09%, siklus III pertemuan 1 sebesar 72,73%, siklus III pertemuan 2 sebesar 81,82%.Kata kunci: Keterampilan berbicara, metode drillABSTRACT: Classroom Action Research aims to improve children’s speaking skills through drill method of preparation of the cube drawing on kindergarten children in group B Kemala Bhayangkari 55 Surakarta academic year 2013/2014. The research was carried out for three cycles. Each cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection. Subjects were kindergarten children in group B Kemala Bhayangkari 55 Surakarta academic year 2013/2014 totaling 22 children (11 boys and 11 girls). Collecting data using interviews, observations, performance, and documentation. The validity of using interviews, observations, performance, and documentation. The validity of using triangulation of data sources, and triangulation techniques. Analysis of data using data reduction, data presentation, and conclusion. The results showed that through the method of preparation of the cube drawing ability of children in each cycle. Completeness in pratindakan 9,09%, meeting I of the first cycle of 27,27%, meeting the first cycle 2 40,91%, the second cycle 1 meeting at 49,09%, the second cycle of 59,09% 2 meeting, the cycle III meeting 1 of 72,73%, and the third cycle of 81,82% 2 cycle meetingsKeywords: Speaking Skills, Drill methods