PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MELIPAT KERTAS KELOMPOK B TK SIDODADI 01 MASARAN, SRAGEN TAHUN AJARAN 2014/2015

Main Authors: Andriyastuti, Dwi; Sebelas Maret University, Winarni, Retno; Sebelas Maret University, ., Kartono; Sebelas Maret University
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi PG-PAUD FKIP UNS , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6170
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6170/4264
Daftar Isi:
  • ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan melipat kertas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dan terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi . Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil peningkatan kemampuan motorik halus dari 37 anak, pada pratindakan menunjukkan nilai 40,5%. Siklus I meningkat menjadi 59,45%, dan mencapai optimal pada siklus II sebesar 81%. Simpulan penelitian ini yaitu kegiatan melipat kertas dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak.Kata kunci : Kemampuan motorik halus, kegiatan melipat kertasABSTRACT : : This research aims to improve fine motor skill through paper folding activies. This is a classroom action research (CAR) and it consist of two cycles. Each cycle conducted four phase, namely planning, action, observation, and reflection. Data collection technique conducted by interview, observation, and documentation. The data validation used technique triangulation. The data analyzing technique used interactive model that consisted of three components there were data reduction, data display, and conclusion drawing or verification. The enchancement of fine motor skill of 37 children, In pre-action showed of the value was 40,5%. In action first cycle, the value increased to 59,45%, and achieving optimal in cycle 2 to 81%. The conclusion of the research that paperfolding activities could improve the fine motor skill in children.Keyword : fine motor skill, paperfolding activities