PENGGUNAAN MULTIMEDIA (VIDEO PEMBELAJARAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK A TK AISYIYAH 21 PREMULUNG LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Main Authors: Anggraeni, Widia Eka; Sebelas Maret University, Kamsiyati, Siti, Budiharto, Tri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi PG-PAUD FKIP UNS , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6096
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6096/4218
Daftar Isi:
  • ABSTRAK: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui penggunaan multimedia (video pembelajaran). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Terdiri dari sua siklus. Setiap siklus dilaksanakan pada empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif, analisis kritis, dan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan multimedia (video pembelajaran) dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan.Kata kunci: multimedia (video pembelajaran), pengenalan lambang bilangan, kemampuan kognitif pada peserta didikABSTRACT: The purpose of this research is to improve the ability to identify the symbol of numbers using multimedia (video learning). This is a classroom action research (CAR). It consist of two cycles. Each cycle conducted of four phase, planning, action, observation, and reflection. Data collection techniques are using observation techniques, test, interview, and documentation. Data analysis techniques that used in this research is descriptive comparative, critical analysis, and interactive analysis techniques. Results of this research shows that the use of multimedia (video learning) can improve the ability to identify the symbol of numbers.Keywords: multimedia (video learning), the symbol of numbers identify, cognitive abilities of children