PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS WEB UNTUK SMA KELAS X PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS
Main Authors: | Arsi, Fakhrizal, Vanza Febrianti, Kiar |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Physics Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, UNS
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosfis1/article/view/5891 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosfis1/article/view/5891/4103 |
Daftar Isi:
- Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan pengguna internet yang cukup tinggi hingga mencapai 30%. Telah banyak weblog yang membahas fisika tetapi masih jarang ditemui web yang memuat materi tentang listrik dinamis yang disertai dengan animasi atau simulasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis web pada pokok bahasan listrik dinamis yang sesuai dengan standar dan kelayakan media pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat menambah pemahaman dalam pembelajaran di kelas dan dapat menjadi sumber belajar suplemen untuk siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Media yang dikembangkan berupa website HTML dengan konten sub materi listrik dinamis untuk SMA kelas X, disusun menggunakan software CoffeeCup Free HTML Editor. Media disusun dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Program diuji oleh dosen ahli materi dan praktisi media berdasarkan indikator yang telah ditentukan dan kemudian hasilnya diolah menggunakan black block test. Hasil pengujian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan masuk dalam kategori baik dengan komponen isi materi mendapat skor 91,35%, komponen teknis media 83,8%, dan hasil uji coba lapangan 78,1%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa website yang dikembangkan layak dijadikan sebagai media pembelajaran Fisika untuk SMA kelas X pada pokok bahasan listrik dinamis. Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Website, HTML, Listrik Dinamis.