Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Bentuk Geometri Melalui Metode Permainan Melompat Bentuk Pada Anak Kelompok A2 TK Al-Huda Kerten Tahun Ajaran 2013/2014
Main Authors: | Rukiyah, Siti, Slamet, St. Y, Syamsudin, Muhammad Munif |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi PG-PAUD FKIP UNS
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/5877 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/5877/4091 |
Daftar Isi:
- Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan dan observasi serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelompok A2 yang berjumlah 16 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri mengalami peningkatan setiap siklusnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode permainan melompat bentuk dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri pada anak kelompok A2 TK Al-Huda Kerten tahun ajaran 2013/2014.Kata Kunci: Kemampuan kognitif, bentuk geometri, metode permainan.Abstract. This research aims to improve the cognitive abilities of children in recognizing geometric shapes. This research used a design Classroom Action Research (CAR) with two cycles, each cycle consist of planning, action and observation and reflection. The subjects were students in group A2 amounting to 16 children. The results showed that the value of a child's cognitive ability to recognize shapes in geometry has increased each cycle. It can be concluded that through jumping game method can improve the shape of a child's cognitive ability in recognizing geometric shapes of group A2 children of TK Al-Huda Kerten in academic year 2013/2014.Keywords: cognitive abilities, geometric shapes, methods of game