UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI PENERAPAN STORYTELLING DENGAN MEDIA AUDIO PADA ANAK KELOMPOK A TK AL-HUDA KERTEN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014
Main Authors: | Musliha, Sitti Risma, Mulyono, Hadi, Syamsudin, Muhammad Munif |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi PG-PAUD FKIP UNS
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/5876 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/5876/4090 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mennyimak anak dan mendeskripsikan hasil penerapan storytelling dengan media audio pada anak. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri tahap perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan kondisi awal persentase ketuntasan anak mencapai 43,75%, pada siklus I persentase ketuntasan anak mencapai 62,5%, pada siklus II persentase ketuntasan anak mencapai 81,25%, dan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan storytelling dengan media audio dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada anak kelompok A TK Al-Huda Kerten Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014.Kata kunci: Kemampuan menyimak, storytelling dengan media audio, anak TK Kelompok AABSTRACT The purpose of this reseach is to improving children's listening skills and describing the results of the application of storytelling with audio media in children. This classroom action reseach conducted in two cycles, each cycle comprising planning, action and observation, and reflection. The results show the percentage of the initial conditions of completeness child reaches 43.75%, in the first cycle the percentage of completeness child reaches 62.5%, the second cycle the percentage of completeness child reaches 81.25%, and it can be concluded that through the application of storytelling with audio media to improve the listening skills in children listening skills in children A group of Al-Huda Kindergarten Kerten Surakarta in Academic Year 2013/2014.Keywords: Listening skills, storytelling with audio media, group A of kindergarten children