PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI MEDIA DIORAMA PADA ANAK KELOMPOK A TK MARSUDISIWI LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014
Main Authors: | ., Maswiyah, Lestari, Lies, Palupi, Warananingtyas |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi PG-PAUD FKIP UNS
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/5855 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/5855/4070 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri tahap perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan kondisi awal persentase ketuntasan anak mencapai 23,1%, pada siklus I persentase ketuntasan anak mencapai 38,5% pada siklus II persentase ketuntasan anak mencapai 84,6%, dan dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media diorama dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A TK Marsudisiwi Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014.Kata kunci: Kemampuan Motorik Halus, Media Diorama Anak TK Kelompok AABSTRACT The purpose of this reseach is to improving children's fine motor skills in children. This classroom action reseach conducted in two cycles, each cycle comprising planning, action and observation, and reflection. The results show the percentage of the initial conditions of completeness child reaches 23,1%,, in the first cycle the percentage of completeness child reaches 38,5%, the second cycle the percentage of completeness child reaches 84,6%, and it can be concluded that through the application of diorama media to improve the fine motor skills in children group A of Marsudisiwi Kindergarten Kerten Surakarta in Academic Year 2013/2014.Keywords: Fine motor skill, Diorama Media, group A of children