Upaya Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Anak Kelompok B TK 01 Ngepungsari Tahun Ajaran 2013/2014

Main Authors: Rahmawati, Sari, ., Suharno, Palupi, Warananingtyas
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi PG-PAUD FKIP UNS , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/5852
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/5852/4067
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK 01 Ngepungsari Jatipuro Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014 melalui pendekatan matematika realistik. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah anak kelompok B TK 01 Ngepungsari Jatipuro Karanganyar tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, penilaian kinerja (unjuk kerja), wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarika kesimpulan atau verifikasi. Penggunaan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK 01 Ngepungsari Jatipuro Karanganyar tahun ajaran 2013/2014. Persentase ketuntasan belajar anak dengan kriteria ketuntasan 2,33 pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 37,5%, pada siklus I mengalami kenaikan menjadi 62,5%, dan pada siklus II mengalami kenaikan lagi menjadi 81,25%. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan pendekatan matematika realistik meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B TK 01 Ngepungsari tahun ajaran 2013/2014.Kata kunci: kemampuan berhitung, pendekatan matematika realistikABSTRACT The purpose of this research is increasing the ability of arithmetic for the B group of TK 01 Ngepungsari academic year 2013/2014 through realistic mathematics education. This research is a form of class action research. This research consists of two cycle. Every cycle consists of three meetings with four stages: planning, implementation, observation, and reflection. The target of this research is the kindergarten students B group 01 Ngepungsari academic year 2013/2014. Techniques of collecting data are using observation, activity assessment, interview, and documentation. Techniques of analiysis data is using interactive model of analysis which consists of three analysis components; data reduction, data presentation, conclusion or verification. Realistic mathematics education is able to increase the understanding of arithmetic ability in kindergarten student B group 01 Ngepungsari academic year 2013/2014. The students passing grade percentage by completeness criteria 2,33 for the beginning condition is 37,5%; for I cycle increase to 62,5% and for the II cycle increase again to 81,25%.The conclusion of this research are using realistic mathematics education is able to increase the understanding of arithmetic ability in kindergarten students B group 01 Ngepungsari academic year 2013/2014.Keyword: arithmetic ability, realistic mathematics education