PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH DENGAN MEDIA KARTU BILANGAN DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN 2 MULYOSRI TAHUN AJARAN 2014/2015

Main Author: Retnowati, Dwi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/5847
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/5847/4064
Daftar Isi:
  • Oleh:Dwi Retnowati 1, Joharman 2, Imam Suyanto 3PGSD FKIP UNS Surakarta Jl Kepodang 67 A Panjer Kebumene-mail: dwiretnowati759@gmail.com1 Mahasiswa PGSD FKIP UNS, 2, 3 Dosen PGSD FKIP UNS Abstract: Methods Application Index Card Match With Media Card Numbers In Mathematics Learning Improvement In Grade IV SDN 2 Mulyosri Academic Year 2014/2015. The purpose of this study is to describe the application of the method steps index card match with media card numbers, improve teaching mathematics, as well as describing problems and solutions using the method of the index card numbers match with the media card. This research is collaboration Classroom Action Research (CAR) which carried out within three cycles. The research subjects fourth grade students of SDN 2 Mulyosri which amounted to 14 students composed of 7 men and 7 women. The conclusions of this research is the application of methods of index card numbers match with the media card can enhance the learning of mathematics for fourth grade students of SDN 2 Mulyosri academic year 2014/2015. Keywords: Index Card Match, card number, Learning Mathematics Abstrak: Penerapan Metode Index Card Match Dengan Media Kartu Bilangan Dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Mulyosri Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode index card match dengan media kartu bilangan, meningkatkan pembelajaran matematika, serta mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan metode index card match dengan media kartu bilangan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SDN 2 Mulyosri yang berjumlah 14 siswa terdiri dari 7 laki-laki dan 7 perempuan. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode index card match dengan media kartu bilangan dapat meningkatkan pembelajaran matematika bagi siswa kelas IV SDN 2 Mulyosri tahun ajaran 2014/2015. Kata Kunci: Index Card Match, Kartu bilangan, Pembelajaran Matematika