PENERAPAN METODE EKSPERIMEN MELALUI PENGENALAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK B TK MANDIRI GONDANG SRAGEN TAHUN AJARAN 2013/ 2014
Main Authors: | Hastuti, Dwi Puji, Wahyuningsih, Siti, Atmojo, Idam Ragil Widianto |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi PG-PAUD FKIP UNS
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/5841 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/5841/4050 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif dengan penerapan metode eksperimen melalui pengenalan sains pada anak kelompok B di TK Mandiri Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan dus siklus, setiap siklus terdiri dari pertemuan. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Mandiri Gondang Sragen yang berjumlah 22 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan kognitif dengan penerapan metode eksperimen melalui pengenalan sains dari prasiklus ke siklus I, dan ke siklus II. Persentase ketuntasan prasiklus sebesar 36%. Pada siklus I meningkat menjadi 64% dan siklus II meningkat kembali menjadi 82%.Kata kunci: metode eksperimen, sains, kemampuan kognitif ABSTRACT: The purpose of this research is to advance the cognitive ability through the implementation of experimental method by science recognition towards children at group B TK Mandiri Gondang Sragen in the academic year 2013/2014. This research was classroom action research. It was conducted in two stages. The subject of the research were children at group B TK Mandiri Gondang Sragen, that consisted of 22 students. The result of the research shows that there is an improvement of the cognitive ability by applying experimental method by science recognition from pre-cycle to cycle I and from cycle I to cycle II. The percentage of thoroughness in pre-cycle is 36%. It then increases in cycle I by 64% and keeps rising again in cycle II by 82%.Key word: experimental method, science recognition, cognitive ability