PENGARUH PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISSION (STAD) DAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS SEMESTER GANJIL DI SMA NEGERI 1 SAMBUNGMACAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: Pamungkas, Roma Tri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SOSIALITAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosiologi Antropologi , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/view/5788
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/view/5788/4037
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRoma Tri Pamungkas. K8410050. PENGARUH PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISSION (STAD) DAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS SEMESTER GANJIL DI SMA NEGERI 1 SAMBUNGMACAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Mei 2015.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan metode Student Teams Achievement Divission (STAD) terhadap hasil belajar siswa (2) pengaruh penggunaan metode Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa (3) perbedaan pengaruh penggunaan metode Student Teams Achievement Divission (STAD) dan metode Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa. Adapun penelitian ini dilakukan pada kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sambungmacan. Penelitian ini bersifat eksperimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Sambungmacan Tahun Pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian sebanyak tiga kelas diambil dengan teknik multistage cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis uji dua pihak.Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada perbedaan penggunaan metode STAD dan metode NHT terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sambungmacan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan rata-rata metode STAD sebesar 13,57 dan rata-rata metode NHT sebesar 15,80 dengan ρ= 0.065 (cukup signifikan). (2) Ada pengaruh penggunaan metode STAD dan metode NHT terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sambungmacan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan harga F= 3.441; ρ= 0.065 (cukup signifikan). (3) Besar pengaruh penggunaan metode STAD dan metode NHT terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sambungmacan sebesar 22%.Kesimpulan penelitian adalah ada perbedaan penggunaan metode STADdan metode NHT terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sambungmacan. Nilai rata-rata kelas NHT lebih tinggi daripada nilai rata-rata pada kelas STAD. Metode belajar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar sosiologi siswa yaitu sebesar 22% sedangkan 78% dipengaruhi oleh faktor lain.Kata Kunci : Hasil Belajar Sosiologi, metode Student Teams Achievement Divission (STAD), metode Numbered Head Together (NHT)