PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM POSING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI GONDANGREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Authors: Ulandari, Sri Dewi; Universitas Sebelas Maret, Haryono, Haryono; Universitas Sebelas Maret, Eko Setyowati, Widiastuti Agustina; Universitas Sebelas Maret
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret , 2015
Subjects:
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/5760
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/5760/4031
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan kemampuan analisis dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri Gondangrejo tahun pelajaran 2013/2014 melalui penerapan model pembelajaran Problem Posing pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri Gondangrejo yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data berupa metode tes, angket, observasi, kajian dokumen dan wawancara. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan kemampuan analisis dan prestasi belajar siswa (kognitif, afektif, dan psikomotor) pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Capaian hasil tes kognitif, afektif, psikomotor dan kemampuan analisis siswa pada siklus 1 berturut-turut 61,54%; 76,92%; 80,00%; 57,70%, sedangkan capaian hasil yang diperoleh pada siklus 2 secara berturut-turut yaitu 80,77%; 84,62%; - ; dan 76,92%.